WISATA VIRTUAL DI JAKARTA

WISATA VIRTUAL DI JAKARTA

WISATA VIRTUAL DI JAKARTA

WISATA VIRTUAL DI JAKARTA – Bermodal koneksi internet, kamu bisa melakukan wisata secara virtual di berbagai tempat salah satunya di Jakarta. Wisata virtual ini tidak kalah menarik dan juga bisa menambah wawasanmu sehingga waktumu tidak terbuang dengan percuma. Malah kamu bisa berwisata ke tempat yang sebelumnya mungkin belum pernah kamu datangi karena jaraknya jauh dari rumahmu.

Selain disponsori oleh Google Arts and Culture, wisata virtual Jakarta ini juga ada yang dapat langsung diakses dari situs resminya. Beberapa penyelenggara juga membuat jadwal wisata virtual sehingga kamu bisa menikmati wisata yang berbeda-beda sesuai tema. Pastikan saja kamu mengikuti akun media sosial mereka agar tidak ketinggalan informasi. Simak beberapa wisata virtual di Jakarta!

1. Telusuri kemegahan koleksinya dari rumah – Museum Nasional

wisata virtual jakarta

Museum Nasional ini disebut juga dengan Museum Gajah karena terdapat patung gajah di depannya yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn. Kemegahan museum ini tak diragukan lagi dan memiliki ratusan ribu koleksi. Koleksinya meliputi benda-benda prasejarah, arkeologi masa Hindu dan Budha, keramik dan masih banyak lagi.

Jika kamu melihat langsung satu persatu, dijamin akan kagum dengan keragaman koleksinya yang juga indah dipandang. Namun saat ini, kamu dapat menikmati wisata virtualnya terlebih dulu. Kalau dari laptop saja sudah terlihat megah, bagaimana aslinya ya?

2. Museum instagramable yang juga dapat dinikmati secara virtual – Museum Macan

Jika mendengar kata Museum Macan, yang terbayang adalah museum kekinian yang populer karena punya banyak spot instagramable. Macan sendiri merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara.

Saat ini Museum Macan sedang ditutup dan sebagai gantinya, pengelola membuat program #museumfromhome yang dapat kamu nikmati dari rumah. Berisi kumpulan vlog mengenai koleksi museum yang ada di Jakarta Barat ini. Dilengkapi dengan suara dan penjelasan yang apik, kamu dapat menyimak vlog ini untuk sensasi menikmati Museum Macan yang berbeda!

3. Rasakan suasana kemerdekaan penuh sejarah – Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum yang kental dengan suasana kemerdekaan ini aslinya berisi berbagai diorama dan perabotan yang menggambarkan situasi saat naskah proklamasi dirumuskan.

Terdapat replika ruang pembacaan konsep naskah proklamasi, ruang pengetikan naskah dan lain-lain. Selain itu, dalam museum ini juga terdapat berbagai benda koleksi dari para tokoh proklamasi dan keluarganya. Pelajarilah koleksi-koleksi yang dapat membuatmu semakin memahami sejarah proklamasi Indonesia.

4. Jalan-jalan secara virtual lewat aplikasi Zoom – Jakarta Good Guide

wisata virtual jakarta

Dalam situasi normal, Jakarta Good Guide adalah penyelenggara acara jalan-jalan berkeliling kota didampingi pemandu. Ketika pandemi terjadi, acara jalan-jalan tetap berlangsung namun secara virtual. Kamu dapat melihat jadwal acaranya melalui Instagram di @jktgoodguide.

Wisata virtual akan dilakukan menggunakan aplikasi Zoom dan berbayar dengan jumlah biaya sukarela. Di sini kamu dapat berinteraksi dengan pemandu wisata dan peserta lain, serta menyimak berbagai penjelasan yang menarik dengan bantuan Google Maps. Daftarkan dirimu lewat formulir, tunggu konfirmasi melalui email dan kamu sudah bisa ikut berwisata!

5. Melihat kekayaan budaya bahari Indonesia – Museum Maritim Indonesia

wisata virtual jakarta

Meskipun mirip, namun Museum Maritim berbeda dengan Museum Bahari yang juga terdapat di Jakarta. Bedanya adalah di Museum Bahari dipamerkan hal-hal yang berhubungan dengan perdagangan laut sebelum revolusi industri, sedangkan Museum Maritim berfokus pada perdagangan laut setelah revolusi industri.

Koleksi dari Museum Maritim misalnya miniatur kapal dari masa tradisional hingga modern dan berbagai foto-foto. Kamu dapat menjelajahi ruangan-ruangan dalam museum dan beraneka koleksi yang ada. Perlu dicoba apalagi kalau kamu belum pernah datang ke museum ini!

6. Melihat sejarah organisasi pemuda di Indonesia – Museum Sumpah Pemuda

Aslinya, museum ini adalah bangunan cagar budaya yang telah berdiri sejak tahun 1908. Sering digunakan sebagai tempat pertemuan bagi berbagai organisasi pemuda, gedung ini sempat dinamai Indonesische Clubhuis atau gedung pertemuan.

Pada tahun 1928 pun Sumpah Pemuda lahir di gedung ini, maka pada akhirnya gedung ini direnovasi di tahun 1973 dan dijadikan Museum Sumpah Pemuda. Berbagai koleksi unik ada di dalam museum ini misalnya biola milik W. R Supratman yang digunakan untuk membuat lagu Indonesia Raya.

Saat ini, terdapat pameran virtual bertajuk Pendekar Biola: W. R Supratman. Pameran ini bersifat tematik sehingga di periode berikutnya kamu dapat melihat pameran lain yang tidak kalah menariknya!

7. Menelusuri pelosok Jakarta yang unik – Wisata Kreatif Jakarta

wisata virtual jakarta

Wisata Kreatif Jakarta adalah organisasi yang terkenal dengan program-program wisatanya yang unik. Biasanya terdapat empat jenis wisata yang disajikan yaitu wisata makam, wisata sejarah, wisata kuliner dan wisata bhineka. Dengan berjalan kaki pada hari Sabtu dan Minggu, para peserta akan menjelajahi tujuan yang telah ditentukan dan membayar sejumlah biaya.

Akibat pandemi, program wisata yang ada digantikan dengan wisata virtual. Edisi pertama wisata virtual telah diselenggarakan pada tanggal 18 April 2020 dengan tujuan ke Kampung Tugu di Jakarta. Wisata virtual berikutnya akan segera diluncurkan dan akan diberitakan lewat akun Instagram @wisatakreatifjakarta. Ayo ikuti dan jangan dilewatkan ya!

8. Tambah wawasanmu mengenai dunia batik – Galeri Batik YBI

YBI merupakan singkatan dari Yayasan Batik Indonesia, yang memiliki galeri batik untuk mengedukasi masyarakat mengenai seluk beluk batik. Dalam akun Instagramnya di @ybi.official, terdapat berbagai motif batik dilengkapi dengan penjelasan yang detil.

Untuk berwisata virtual di sini, kamu akan dibawa lebih jauh mengenal batik sehingga setelah pandemi berakhir, wawasanmu tentang batik sudah makin bertambah!

9. Kagumi koleksi Dr. Ir. Ciputra secara virtual – Ciputra Artpreneur

Ciputra Artpreneur yang sudah terkenal sebagai teater yang menampilkan pertunjukan berkualitas tinggi ini juga memiliki galeri dan museum yang sama bagusnya. Galeri seninya berupa ruang pameran seni dan normalnya dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seni.

Sedangkan di dalam museum terdapat berbagai koleksi pribadi Dr. Ir. Ciputra yang berupa lukisan-lukisan karya pelukis Indonesia. Contoh pelukis yang karyanya dipajang di sini adalah Hendra Gunawan dan Entang Wiharso.

10. Pecinta seni akan betah berlama-lama di sini – Galeri Nasional Indonesia

wisata virtual jakarta

Galeri yang satu ini cukup hits di kalangan anak muda. Selain karena bangunannya yang cantik, koleksi seni kontemporernya yang selalu berganti juga membuat penasaran. Galeri yang berada di bawah Direktorat Jenderal Kebudayaan ini memamerkan karya seni berupa lukisan, patung, keramik, seni kriya dan banyak lagi.

Berbagai koleksi lukisan serta patung yang ada dilengkapi dengan keterangan jelas yang dapat menambah pengetahuanmu juga, lho!