Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta

Wisata ke Taman Sungai Mudal Yogyakarta – Siapa yang sudah rindu ingin traveling lagi. Meski masih belum bisa jalan-jalan sebebas seperti sebelum pandemi, tapi gak ada salahnya bikin bucket list sebanyak mungkin.

Di Yogyakarta, tepatnya di kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, ada satu destinasi ciamik yang bisa ikutan masuk travel wish list kamu. Mengusung konsep ekowisata, lokasi bernama Taman Sungai Mudal ini menawarkan spot air terjun tersembunyi dengan kolam berwarna pirus yang cantik.

Biar gak penasaran, simak informasi lengkapnya di ulasan berikut,

1. Akses menuju Taman Sungai Mudal

Jika kamu familier dengan wisata Kalibiru, maka ekowisata Taman Sungai Mudal ini terletak gak jauh dari destinasi tersebut.

Dari Kalibiru, jaraknya sekitar 19 kilometer ke arah utara, atau sekitar 40 menit perjalanan. Sebab itulah, Taman Sungai Mudal masih berada di dalam kawasan pegunungan Menoreh.

Jadi, kamu jangan kaget kalau akses jalan menuju lokasi memang sedikit menantang, yaitu berkelak-kelok dan naik turun.

Namun, gak perlu khawatir karena panorama selama perjalanan sungguh bikin mata segar. Perbukitan hijau yang masih asri bakal bikin perjalananmu gak membosankan.

2. Tiket masuk Taman Sungai Mudal

Sejak mulai nge-hits di tahun 2018, tiket masuk ekowisata ini rupanya mengalami kenaikan. Dari semula hanya Rp6.000 perak, kini menjadi Rp10.000 per orang. Wah, masih cukup terjangkau!

Di masa pandemi seperti sekarang, protokol kesehatan yang diterapkan pengelola wisata terbilang cukup baik, yaitu adanya pengukuran suhu badan pengunjung dan kewajiban mencuci tangan sebelum memasuki area wisata.

Hanya saja social distancing yang diterapkan di lokasi masih kurang maksimal. Belum ada pembatasan jumlah maksimal pengunjung yang diizinkan masuk dan beberapa pengujung juga tampak melepas masker.

3. Air terjun bertingkat dengan kolam berwarna pirus

Daya tarik utama wisata Taman Sungai Mudal adalah sebuah kolam air alami berukuran cukup besar dengan kedalaman sekitar dua meter.

Sumber air kolam tersebut berasal dari air terjun bertingkat yang berada di salah satu sudut kolam. Jangan ditanya, air di sini begitu segar dan dingin!

Air terjunnya sendiri sebetulnya gak memiliki debit air yang deras. Namun, setelah air tersebut jatuh ke kolam, warna yang disajikan berupa warna pirus atau biru kehijauan.

Sedangkan jumlah tingkatan pada air terjun ini kabarnya berjumlah sepuluh tingkat. Kamu bisa menyambanginya satu per satu melalui anak tangga yang tersedia.

Pengunjung diperbolehkan masuk ke kolam air ini. Tapi, harap diperhatikan bagi kamu yang gak punya kemampuan berenang yang baik, wajib menggunakan safety jacket yang disediakan pengelola wisata.

4. Berbagai permainan dan fasilitas di Taman Sungai Mudal

Karena didesain sebagai taman wisata, maka kamu gak hanya bisa bermain air di kolam, namun juga bisa menikmati fasilitas penunjang lain yang ada di Taman Sungai Mudal, seperti permainan sepeda terbang dan flying fox.

Cukup membayar tiket sekitar Rp20.000, kamu bisa puas menjajal kedua permainan tadi, sekaligus foto-foto untuk diunggah ke akun Instagram.

Selain itu, berbagai fasilitas lain yang bisa kamu temukan di Taman Sungai Mudal adalah area untuk camping, bermain outbond, dan reservasi untuk pre-wedding.

5. Tips berkunjung ke Taman Sungai Mudal

Kalau kamu langsung tertarik piknik ke wisata Taman Sungai Mudal, jangan lupa untuk bawa baju ganti. Karena kamu bakal rugi banget datang ke spot ini tanpa sempat menjajal sensasi bermain air di kolam berwarna pirus yang airnya super segar.

Buat kamu yang membawa anak-anak ke destinasi ini, pastikan selalu menjaga keamanan anak. Sebab, meskipun Taman Sungai Mudal adalah wisata ramah anak, namun jangan sampai lengah saat anak bermain air di kolam atau dekat air terjun.