Pesona Alam Sibolga di Sisi Barat Sumut

Pesona Alam Sibolga di Sisi Barat Sumut

Pesona Alam Sibolga di Sisi Barat Sumut

Pesona Alam Sibolga di Sisi Barat Sumut – Mengunjungi Sibolga adalah keputusan tepat bagi kamu yang berminat menjelajah sisi barat Sumatera Utara. Meski kota kecil ini belum setenar Medan, tapi sebetulnya Sibolga menawarkan pesona buat kamu yang rindu bercengkerama dengan alam

berikut adalah lima alasan utama kenapa kamu wajib mengeksplorasi kota Sibolga. Karena kamu akan terpesona dengan destinasi-destinasi menariknya.

1. Kota Sibolga mudah dijangkau

Selain menggunakan transportasi darat, kota Sibolga juga mudah untuk kita capai dengan menggunakan pesawat. Beberapa maskapai bahkan sudah menyediakan rute direct flight dari Jakarta meski dengan jadwal terbatas. Jadi, kamu bisa langsung terbang menuju Sibolga tanpa harus transit ke Medan.

Tapi, jika memang harus tetap naik transportasi darat, kamu bisa pilih jasa travel atau bus umum. Misalkan, kamu berangkat dari Medan. Maka, durasi perjalanannya bisa memakan waktu sekitar 8-9 jam.

2. Kota Sibolga menawarkan pesona wisata bahari yang aduhai

Karena terletak di pantai barat Sumatera Utara, gak heran kalau Sibolga menyimpan kekayaan wisata bahari yang layak dikunjungi. Mulai dari pantai berpasir putih, hingga gugusan pulau-pulau kecil.

Jika kamu tertarik bermain ombak atau sekadar relaksasi di tepi pantai, Sibolga memiliki sederet pantai eksotis, seperti Pantai Wisata Indah, Pantai Ujung Sibolga, dan Pantai Kuta Mela.

Pantai-pantai lain seperti Pantai Pandan, Pantai Bosur, dan Pantai Kalangan juga kerap menjadi tujuan wisatawan saat datang ke Sibolga meski sebenarnya ketiga pantai tersebut secara administratif masuk kabupaten Tapanuli Tengah.

3. Selain wisata pantai, kamu juga bisa island hopping saat ke Sibolga

Jika kamu ingin bermain di pantai sekaligus jalan-jalan naik speedboat, artinya kamu harus island hopping saat datang ke Sibolga. Beberapa pulau kecil dengan pesonanya masing-masing bisa kamu jumpai di laut lepas Sibolga.

Salah satu yang paling populer di kalangan traveler adalah Pulau Mursala. Meskipun secara administratif posisi pulau tersebut juga masuk wilayah kabupaten Tapanuli Tengah, namun lokasi Pulau Mursala sangat dekat jika dicapai dari Sibolga. Pulau Mursala menjadi primadona karena memiliki air terjun yang airnya mengalir langsung ke laut.

4. Jangan lewatkan menikmati kota Sibolga dari atas bukit

Jika kamu ingin trekking ke atas bukit untuk memandang keindahan kota Sibolga dari ketinggian, maka sempatkan mengunjungi Tor Simarbarimbing. Dari bukit kecil ini, kamu bisa santai sejenak sembari ditemani semilir angin yang sejuk. Pemandangan laut dan kota Sibolga dijamin bikin kamu rileks.

Selain bukit Tor Simarbarimbing, ada juga wisata Tangga Seratus yang sama-sama menawarkan panorama kota Sibolga dari ketinggian. Yang unik, meski bernama “tangga seratus”, tapi jumlah tangga sesungguhnya adalah 298 anak tangga.

5. Kuliner khas Sibolga wajib masuk bucket list

Terakhir, Sibolga layak kamu eksplorasi karena kota ini memiliki wisata kuliner yang unik dan dijamin bikin ketagihan. Karena terkenal dengan hasil tangkapan lautnya, beberapa kuliner yang ditawarkan adalah berupa olahan ikan dan kerang, seperti ikan panggang paccak, ikan panggang geleng, gulai ikan, dan kerang rebus khas Sibolga.

Selain olahan ikan dan kerang, kamu juga perlu mencicipi kuliner enak lainnya seperti mie gomak, nasi tue, dan katupek bareh.