Mulai Dibuka Candi Borobudur , Pengunjung Masih Sepi

Mulai Dibuka Candi Borobudur , Pengunjung Masih Sepi-PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), sedang melakukan uji coba pembukaan operational di Taman Wisata Candi Borobudur.

Mulai Dibuka Candi Borobudur , Pengunjung Masih Sepi

Mulai Dibuka Candi Borobudur , Pengunjung Masih Sepi-PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), sedang melakukan uji coba pembukaan operational di Taman Wisata Candi Borobudur.

Uji coba pembukaan operasional ini tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selama masa uji coba operasional ini, Candi Borobudur pun dibuka mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Kemudian, pada pukul 12.00-13.00 WIB, ada break.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan dilapangan, suasana saat uji coba ini pengunjung belum begitu ramai. Walaupun demikian, pengunjung yang datang adalah dari berbagai kota.

Pengunjung yang datang setelah memarkirkan kendaraan mobil maupun sepeda motor, kemudian memasuki di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur.

Para pengunjung datang sudah diwajibkan memakai masker, dan terlebih dahulu diukur suhu tubuhnya dengan thermal gun.

Setelah dicek suhu tubuhnya pun, pengunjung yang memenuhi syarat kemudian diberikan stiker warna hijau baru dipersilakan memasuki.

Saat berada didalam Taman Wisata Candi Borobudur, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada seperti jaga jarak, cuci tangan pangan sabun, memasuki bilik disinfeksi, dan baru diperbolehkan membeli tiket masuk.

Tetapi sebelum sampai di area membeli tiket masuk, pengunjung diberi tahu. Bahwa pada hari pertama uji coba operasional pembukaan ini, pengunjung belum bisa naik ke Candi Borobudur.

Hal ini dikarenakan Candi Borobudur masih dilakukan pembersihan abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi pada waktu lalu.

Walaupun demikian, pengunjung bisa memahaminya dan tetap melanjutkan dengan membeli tiket masuk.

Para pengunjung saat berada di Taman Wisata Candi Borobudur memanfaatkan momentum dengan berfoto-foto. Termasuk berfoto di depan pagar batas dengan latar bangunan megah, Candi Borobudur.

Berdasarkan data yang ada, untuk hari pertama uji coba pembukaan operasional ini pengunjung ada 266 orang. Mereka datang dari berbagai kota.

“Ini bagus untuk menjaga kesehatan dan keamanan. Kita harus mendukung protokol kesehatan ini.

Kita datang spekulasi saja sekalian main, terus mampir sini,” kata Muhammad Taufik (46), pengunjung dari Karawang, Jabar saat ditemui di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Kamis (25/6/2020).

Ia yang datang bersama keluarganya, mengatakan tidak kecewa meski tidak bisa naik ke atas Candi Borobudur. “Tidak kecewa gak naik ke atas candi,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero), Edy Setijono mengatakan, untuk masa uji coba dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 16.00 WIB.

Nantinya, ada istirahat antara pukul 12.00 sampai 13.00 WIB. “Untuk masa uji coba ini, kita akan buka mulai jam 08.00 sampai 16.00. Nah kita akan ada break jam 12.00-13.00.

Saya fikir break ini, memudahkan kita juga sekaligus kontrol fasilitasnya karena kemarin fasilitas ini belum pernah dipakai dalam jumlah banyak,” kata Edy.