Kota Berusia 300 Tahun Kembali Muncul

Kota Berusia 300 Tahun Kembali Muncul

Kota Berusia 300 Tahun Kembali Muncul

Kota Berusia 300 Tahun Kembali Muncul, – Sebuah kota kuno di Filipina kembali muncul ke permukaan setelah bersemayam di dasar laut. Kemunculan kota yang bernama Old Pantabangan ini membuat kaget warga Filipina. Sebab, kota yang berada di Provinsi Nueva Ecija, ini hampir tidak pernah diketahui keberadaannya selama hampir setengah abad.

Kota berusia 300 tahun tersebut kembali muncul setelah kekeringan membuat sebuah bendungan yang dibangun pada tahun 1970 surut. Surutnya bendungan tersebut membuat beberapa bagian kota Old Pantabangan terlihat. Salah satunya adalah Gereja Katolik Augustinian yang ada di kota tersebut.

Reruntuhan gereja dan juga tiang salib yang berdiri tegak menghiasi reruntuhan kota Old Pantabangan

Beberapa penduduk yang mempercayai takhayul mengira bahwa kemunculan Old Pantabangan adalah pertanda harapan di tengah pandemi virus corona. Salah satu warga, Alexander Agustin, merekam video saat menghadiri misa di gereja tersebut bersama keluarga dan tetangganya.

“Saya tumbuh di tempat itu. Sebelum tenggelam oleh bendungan, kami dipaksa untuk mengungsi dan menemukan tempat lain untuk hidup,” kata Agustin.

Dia mengaku senang kembali ke tempat itu dan bernostalgia masa lalunya yang hidup di kota tersebut sebelum ditenggelamkan. Warga lain, Joergen Cruz Mandilag, merekam video kota tua itu melalui drone pada 28 Juli. Dia mengatakan bahwa para warga sekarang mulai berduyun-duyun mendatangi kota tua itu.

“Kami biasanya berkunjung ke sini untuk mengambil foto matahari terbit selama bertahun-tahun,” kata Mandilag. Mandilag mengungkapkan bahwa ia mengetahui sejarah kota tua itu, tetapi mengaku tidak pernah melihat bentuk Old Pantabangan sebelum ditenggelamkan untuk bendungan.

“Jadi ketika datang kabar bahwa kota yang tenggelam itu sekarang terlihat, kami memutuskan untuk melihatnya sendiri,” imbuh Mandilag.

Dia mengaku tidak akan melepaskan momen langka itu begitu saja dengan cara melihatnya dan merekamnya.

Kota di Filipina yang Ternyata Sengaja Ditenggelamkan

Pada dekade 1970-an, warga kota Old Pantabangan mengorbankan tempat tinggal mereka demi pembangunan salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara.

Kota tua itu akhirnya ditenggelamkan, tetapi bendungan tersebut telah mengairi lahan luas yang membuat Provinsi Nueva Ecija makmur dan serta menjadikan kota tersebut sebagai penghasil beras terbesar di Filipina.

Kini, kota tersebut menjadi ajang nostalgia bagi para mantan penduduk Old Pantabangan dan destinasi wisata baru bagi para wisatawan di Filipina. Mereka berbondong-bondong untuk mengunjungi reruntuhan kota yang kini muncul kembali tersebut.