Bikin Ngiler, Ini Nih 5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Bikin Ngiler, Ini Nih 5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Bikin Ngiler, Ini Nih 5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Bikin Ngiler, Ini Nih 5 Makanan Khas Indonesia yang Mendunia – Indonesia terkenal sebagai negara yang punya sederet makanan khas bercita rasa nikmat.

Ada beberapa makanan khas Indonesia yang sudah sangat terkenal di lingkup internasional.

Kekayaan rempah alami dari Indonesia membuat masyarakat bisa mengolah makanan dengan rasa yang unik, nikmat, hingga membuat penyantapnya terlena.

Nyaris setiap daerah di seantero negeri punya makanan khas dengan karakteristik yang kuat.

Berikut ini, detikFood merangkum beberapa makanan yang menjadi telah menjadi ikon kuliner Nusantara yang dikenal masyarakat dunia, seperti dilansir CNN Travel.

1. Satai


Satai didefinisikan sebagai potongan daging yang ditusuk dan dipanggang, lalu disajikan dengan bumbu kacang atau kecap.
Di Indonesia, ada banyak jenis satai, mulai dari satai Madura, satai Padang, satai maranggi, satai klatak, dan banyak satai lainnya.

Dari sekian banyak jenis satai tersebut, sajian satai ayam atau kambing dengan paduan saus kacang atau kecap plus irisan acar yang paling populer dan digemari.

Rasa satai mampu menggoyah lidah berbagai kalangan usia. Menu satai dapat ditemui di penjual gerobak pinggir jalan hingga restoran mewah.

2. Bakso

Makanan berupa bola-bola daging yang kerap ditambah isian telur atau daging cincang maupun urat sapi ini jadi buah bibir masyarakat dunia. Ada banyak variasi bakso yang eksis di negeri ini. Mulai dari ukuran kecil sampai besar, bentuk bulat maupun kotak.

Terlepas dari ukuran dan bentuknya, bakso identik disajikan dengan kuah gurih ditambah mie, bihun, dan sayuran.

Beberapa warsa lalu saat berkunjung ke Indonesia, eks Presiden Amerika Serikat mengungkapkan, satai dan bakso merupakan dua makanan yang ia cicipi saat tinggal di Indonesia semasa kecil.

“Saya masih ingat ucapan dari penjual (makanan keliling), ‘Sate’, ‘Bakso’, enak ya,” celoteh Obama meniru seruan penjual makanan keliling di sekitar rumahnya dulu.

3. Sambal

Sekalipun bukan makanan utama, sambal sudah dicap sebagai makanan khas Indonesia. Menu makan keluarga Indonesia seakan kurang lengkap tanpa hadirnya sambal.

Variasi sambal sangat beragam, tidak akan cukup satu halaman untuk membuat daftar jenis sambal yang ada di Tanah Air.

4. Soto

Kudapan berkuah ini tidak dapat diartikan secara spesifik komposisi dan rasanya. Sebab, ada banyak jenis soto yang lahir dari daerah-daerah di Indonesia.

Ada soto Lamongan, soto Padang, soto Surabaya, soto Betawi, soto Mie, dan sebagainya. Satu kesamaan dari soto-soto di Indonesia, adalah semuanya disajikan dengan kuah dan dilengkapi daging sapi atau ayam.

5. Nasi Goreng

Tak lengkap membahas makanan khas Indonesia tanpa menyertakan nasi goreng. Makanan yang satu ini pengolahannya sangat sederhana. Hanya nasi diracik dengan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabai, kecap dan lainnya.

Penjual nasi goreng biasanya menambahkan telur, daging ayam atau sapi, seafood, untuk menambah kenikmatan nasi goreng. Makanan ini bisa ditemui di penjual gerobak hingga hotel bintang lima.

Duh, membahas makanan-makanan ini bikin perut jadi keroncongan dan teringat akan rasa lezatnya. Kalau kamu juga ngiler dengan makanan khas Indonesia, pesan saja dengan GrabFood.

Kamu bisa menemukan beragam makanan yang ada di sekitar lokasimu dan memesannya lewat aplikasi Grab. Tidak usah khawatir soal keamanannya, karena pesanan akan diantar oleh mitra pengemudi dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.