Ambon Kota Musik UNESCO yang Berkesan Bagi Glenn Fredly

Ambon Kota Musik Kesan Bagi Glenn Fredly

Ambon Kota Musik UNESCO yang Berkesan Bagi Glenn Fredly

Ambon Kota Musik UNESCO yang Berkesan Bagi Glenn Fredly – Indonesia berduka atas kematian musisi Glenn Fredly. Baginya, Ambon memiliki tempat khusus di hatinya.

Glenn Fredly adalah Deviano Latuihamallo atau akrab disapa Glenn Fredly, musisi Ambon diketahui telah meninggal Rabu sore pukul 18.00 WIB di RS Setia Mitra. Hal itu juga dikonfirmasi oleh banyak rekan musisi di negeri ini.

Berpulangnya Glenn akan menjadi pukulan bagi banyak orang. Selain dikenal karena lagu-lagu cintanya, Glenn juga akrab sebagai aktivis sosial dan politik. Salah satu yang terbaru, Glenn juga mengambil bagian dalam penentuan Ambon sebagai kota musik oleh UNESCO.

Sebelumnya, wacana Ambon menjadi kota musik sudah berdengung untuk waktu yang lama. Pada Hari Musik 2018, diadakan Konferensi Musik Indonesia (KAMI), yang menyajikan sejumlah pemangku kepentingan di industri musik country. Glenn Fredly menjadi salah satu penggagas konferensi IDNPoker.

Puncaknya, Ambon ditunjuk sebagai salah satu dari dunia musik oleh Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO. Hal itu disampaikan melalui Instagram Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

“Selamat kepada kota Ambon yang baru ditunjuk sebagai Kota Musik oleh UNESCO pada 30 Oktober 2019 oleh Audrey Azoulay.

Ambon bergabung dengan kota-kota musik lain di dunia, antara lain Essaouira (Maroko), Havana (Kuba), Lliria (Spanyol) ke Metz (Prancis).

Glenn kebahagiaan status internasional Ambon sebagai kota musik dunia terlalu sering ia dinyatakan dalam festival Tulus ‘Delapan Tahun’ di Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (11/19). Pada saat itu Glenn hadir sebagai bintang tamu.

“Kemarin, badan internasional dari UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik pertama di Asia Tenggara. Ini adalah bentuk kerja kolektif cinta Indonesia,” katanya.

Pada akhir acara, Glenn Fredly juga disampaikan pesan dan harapan mengenai daerah di Indonesia Timur. Ia berharap, tidak ada lagi stigma negatif yang melekat pada mereka. Ternyata, isu Indonesia Timur adalah perhatian Glenn Fredly.